Pengalaman Pasien Chronic Kidney Disease Yang Menjalani Terapi Hemodialisis Dalam 3 Bulan Pertama Di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta

  • Yustina Isparwanti STIKes Panti Rapih Yogyakarta
  • Arimbi Karunia Estri STIKes Panti Rapih Yogyakarta
  • Margareta Hesti Rahayu STIKes Panti Rapih Yogyakarta
Keywords: Pengalaman, Chronic Kidney Disease, Hemodialisis

Abstract

Latar Belakang : Chronic Kidney Disease (CKD) adalah gangguan pada fungsi ginjal yang bersifat progresif dan tidak dapat dipulihkan lagi. Hal tersebut mengakibatkan terjadi kegagalan pada ginjal dalam proses metabolisme atau proses pembuangan zat- zat sisa dalam tubuh sehingga meningkatkan kadar ureum dalam darah. Pasien CKD yang menjalani hemodialisis terutama dalam 3 bulan pertama akan mengalami banyak perubahan dalam hidupnya di semua aspek kehidupan baik fisik, psikologis, sosial, ekonomi dan spiritual.

Tujuan : Penelitian ini adalah untuk menggali pengalaman pasien CKD yang menjalani terapi hemodialisis dalam 3 bulan pertama.

Metode : Penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi deskripstif. Sampel dalam penelitian sebanyak 5 responden dengan purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner yang telah di buat oleh peneliti yang memuat tentang probing pengalaman pasien CKD yang menjalani terapi hemodialisis dalam 3 bulan pertama dan analisa data dengan menggunakan metode colaizzi.

Hasil Penelitian : Penelitian ini mengungkapkan bahwa pengalaman pasien CKD yang menjalani Hemodialisis dalam 3 bulan pertama di rumah sakit Panti Rapih    didapatkan 5 tema yaitu : (1) Perubahan Fisik dan Aktivitas Fisik, (2) Perasaan dan gejolak emosional, (3) Ketidaktahuan partisipan mengenai faktor penyakit berisiko CKD (4) Penerimaan terhadap kondisi sakit, (5) Dukungan keluarga dan lingkungan menjadi sumber motivasi partisipan.

Kesimpulan : Pengalaman pasien CKD dalam tiga bulan pertama merupakan suatu hal penting yang menentukan keberhasilan terapi. Untuk pengembangan lebih lanjut dan implementasi yang lebih holistik disarankan adanya penelitian yang berpusat pada pasien untuk membantu setiap pasien mencapai kualitas hidup yang lebih baik.

 

Kata Kunci : Pengalaman, Chronic Kidney Disease, Hemodialisis

Published
2023-10-09