Hubungan Antara Perilaku Caring Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Saat Pandemi Covid-19 di Ruang Perawatan Salah Satu Rumah Sakit Swasta di Yogyakarta

  • Martina Dyah Lestari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panti Rapih
  • Agustina Sri Oktri Hastuti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panti Rapih
  • Sr. Therese Maura Harjanti CB Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panti Rapih
Kata Kunci: Caring, COVID-19, kepuasan

Abstrak

ABSTRAK

 

Latar belakang: Kepuasan pelayanan keperawatan didapatkan dari penilaian konsumen terkait mutu dan kinerja terhadap manfaat yang diterima dari produk atau jasa layanan. Pelayanan keperawatan yang berkualitas dapat diwujudkan melalui pemberian asuhan keperawatan dengan didasari oleh perilaku caring perawat. Perilaku caring harus selalu dilakukan perawat disegala kondisi, bahkan saat situasi pandemi COVID-19 saat ini. Dalam studi pendahuluan yang dilakukan, ruang rawat inap Elisabeth 4 adalah ruangan yang mengalami penurunan angka kepuasanan pelanggan yang terendah.

Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perilaku caring perawat terhadap kepuasan pasien di masa pandemi COVID-19 di ruang rawat inap Elisabeth 4 RS. Panti Rapih, Yogyakarta.

Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Cross Sectional. Menggunakan teknik non probability sample, purposive sample. sampel yang digunakan sejumlah 37 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang diberikan secara langsung pada responden

Hasil: Perilaku caring perawat paling tinggi adalah kategori baik 83,8% dari jumlah responden. Tingkat kepuasan paling tinggi adalah “Puas” 54,1% dari jumlah responden dan “Sangat Puas” sebanyak 43,2% dari jumlah responden. Berdasarkan hasil uji spearman rho didapatkan P value 0,007, artinya ada hubungan yang signifikan antara perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien. Nilai correlation coefficient positif, menunjukkan terdapat hubungan yang kuat antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien.

Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien. Arah korelasi positif menunjukkan bahwa semakin tinggi perilaku caring perawat, maka kepuasan pasien pada pelayanan keperawatan juga akan semakin tinggi.

Saran: Perawat disarankan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan khususnya keterampilan ketika menjalankan perannya sebagai pelaksana tindakan keperawatan profesional. Kepada pihak manajemen RS. Panti Rapih untuk terus mendukung semangat caring para perawat dimasa pandemi COVID-19 ini, dengan cara meningkatkan kesehatan fisik, mental dan spiritual perawat sehingga perawat dapat memberikan pelayanan keperawatan dengan professional.

Diterbitkan
2021-10-08