Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Saat Pandemi Covid -19 Di Salah Satu Rumah Sakit Swasta Yogyakarta

  • Rini Kris Mulyaningsih STIKes Panti Rapih Yogyakarta
  • Yulia Wardani STIKes Panti Rapih Yogyakarta
  • Sr. Lucilla Suparmi CB STIKes Panti Rapih Yogyakarta
Kata Kunci: covid-19, caring, kepuasan pasien.

Abstrak

Latar belakang: Covid-19 telah menjadi pandemi non alam global sejak tanggal 30 Januari 2020, dan berkembang dengan cepat ke seluruh dunia. Covid-19 adalah infeksi saluran napas yang diakibatkan oleh virus SARS - CoV-2 yang belum pernah ditemukan pada manusia dan menyerang pernapasan akut dengan gejala demam, batuk, dan sesak napas. Peningkatan pasien Covid-19 di rumah sakit berpengaruh  pada kualitas  layanan keperawatan dan ini berpengaruh pada perilaku caring perawat dan mutu pelayanan dalam menentukan kepuasan pasien, terutama pada saat pandemi.  

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien selama pandemi covid-19 di ruang rawat inap salah satu rumah sakit swasta di Yogyakarta.

Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif korelatif. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien yang dirawat di ruang rawat inap sebanyak 67 responden. Cara pengambilan sampel dengan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan  kuisioner. Uji satatistik yang digunakan adalah korelasi Spearman.

Hasil: Didapatkan hasil data demografi terbanyak jenis kelamin laki-laki (70%), berusia 20-40 tahun (40%), berpendidikan rendah (87%), lama dirawat 2-3 hari (49%), responden menyatakan perilaku caring perawat baik (67%), menyatakan puas terhadap pelayanan perawat (70%). Hasil uji statistik menggunakan korelasi Spearman didapatkan p value 0,563.

Kesimpulan: Hasil penelitian yang didapatkan ada hubungan yang signifikan positip kuat antara Perilaku Caring dengan Tingkat Kepuasan Pasien sehingga semakin baik perilaku caring perawat, maka pasien akan semakin puas. Peneltian ini merekomendasikan perawat perlu meningkatkan perilaku caring sehingga kepuasan pasien meningkat.

Kata Kunci: covid-19, caring, kepuasan pasien.

Diterbitkan
2022-10-28