Faktor – factor yang Berhubungan dengan Kepuasan Keluarga Pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta

  • Yohana Sugiyatmi STIKes Panti Rapih Yogyakarta
  • Eva Marti STIKes Panti Rapih Yogyakarta
  • Sri Oktri Hastuti STIKes Panti Rapih Yogyakarta
Kata Kunci: Kepuasan keluarga pasien, faktor-faktor kepuasan, kinerja, fasilitas, pelayanan, komunikasi, suasana, lokasi, desain visual

Abstrak

ABSTRAK

Latar Belakang : Kepuasan pasien adalah perasaan senang atau puas bahwa jasa yang diterima telah sesuai atau melebihi harapan pasien (Nursalam,2016). Instalasi Gawat Darurat (IGD) merupakan bagian yang melayani pasien dengan kondisi gawat darurat, tindakan harus efektif dan efisien sesuai mutu pelayanan. Kepuasan pasien dan keluarga pasien perlu diukur untuk meningkatkan mutu pelayanan di  Instalasi Gawat Darurat

 

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan keluarga pasien di Instalasi Gawat Darurat di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta

 

Metode : Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif  dengan  metode deskriptif korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner kepuasan Pasien (KKP) format 10 yang disusun peneliti sebelumnya  dan kuesioner faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan yang disusun oleh peneliti. Sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan metode accidental sampling dengan responden berjumlah 75 orang. Penelitian dilakukan pada tanggal 13 Januari 2021 sampai dengan  28 Januari 2021.  Analisis univariat menggunakan analisis prosentase dan analisis bivariat menggunakan korelasi Spearman untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan.

 

Hasil : Terdapat hubungan yang signifikan positif antara faktor kinerja dengan kepuasan keluarga pasien ( p value = 0,000) nilai rho = 0,533 , terdapat hubungan signifikan positif  antara faktor fasilitas dengan kepuasan keuarga pasien (p value = 0,000) nilai rho = 0,474, terdapat hubungan yang signifikan positif antara faktor pelayanan  dengan kepuasan keluarga pasien (p value = 0,000) nilai rho = 0,550, terdapat hubungan yang signifikan positif  antara faktor komunikasi dengan kepuasan keluarga pasien (p value = 0,000) nilai rho = 0,471, terdapat hubungan yang signifikan positif antara faktor suasana dengan kepuasan keluarga pasien (p value = 0,000) nilai rho = 0,513, terdapat hubungan yang signifikan positif  antara faktor lokasi  dengan kepuasan keluarga pasien (p value = 0,000) nilai rho = 0474, terdapat hubungan yang signifikan positif  antara desain visual dengan kepuasan keluarga pasien (p value =0,000) nilai rho = 0,435.

 

Simpulan : Terdapat hubungan yang signifikan, positif antara faktor kinerja, fasilitas, pelayanan, komunikasi, suasana, lokasi dan desain visual terhadap kepuasan keluarga pasien. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan dalam upaya meningkatkan kepuasan pasien dan keluarganya di rumah sakit.

Diterbitkan
2021-10-08