Hubungan Sikap Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Santo Antonio Baturaja

  • Theresia Supriati STIKes Panti Rapih Yogyakarta
  • Ag.Sri Oktri Hastuti STIKes Panti Rapih Yogyakarta
  • Bernadetta Eka Noviati STIKes Panti Rapih Yogyakarta
Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Sikap Caring Perawat.

Abstrak

Latar belakang layanan kesehatan dirancang untuk memungkinkan manusia hidup. Selain memiliki sarana dan prasarana yang baik, profesionalitas tenaga kesehatan juga penting untuk keberhasilannya. Perawat sekarang menjadi salah satu profesi yang dapat menyelamatkan kehidupan karena peran holistiknya dalam pemenuhan kehidupan manusia. satu indikator kualitas pelayanan keperawatan adalah kepuasan pasien dan perhatian perawat, yang merupakan bukti kualitas layanan perawat. Kepuasan pasien sangat bergantung pada seberapa baik perawat memperlakukan pasien. Tujuan studi ini untuk mengetahui hubungan antara Sikap Caring Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Santo Antonio Baturaja. Metode studi ini menggunakan desain penelitian deskriptif korelasional dan teknik pengambilan data cross-sectional. Sampel studi ini berjumlah 101 responden dengan metode pengambilan sampel random sampling dan untuk mengumpulkan data menggunakan kuesioner sikap caring perawat dan kepuasan pasien.Uji Spearmen untuk melakukan analisa data hubungan kedua variabel Hasil dari penelitian ini, didapatkan dari 101 Responden yang diteliti sebagian besar Mengatakan puas (62,37%) dan berpendapat bahwa perawat memiliki perilaku Caring (57,42%) dengan p-value p-Value 0.000 ˂ 0.05. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat hubungan antara sikap Caring Perawat dan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Santo Antonio Baturaja. Saran dari penelitian ini diharapkan perawat agar mempertahankan kualitas Asuhan Keperawatan agar kepuasan pasien dapat tetap terjaga.

Diterbitkan
2024-03-27