Hubungan Pengetahuan dan Sikap Perawat Dengan Pelaksanaan Metode Model Praktik Keperawatan Profesional (MPKP) di Tuang Rawat Inap Salah Satu Rumah Sakit Swasta Yogyakarta

  • Clara Murwani Agustin Stikes Panti Rapih
  • Agustina Sri Oktri Hastuti STIKes Panti Rapih Yogyakarta
  • Eva Marti STIKes Panti Rapih Yogyakarta
Keywords: Knowledge, attitudes,behavior, and professional nursing practice model

Abstract

Latar belakang : Model Praktik Keperawatan Profesional ( MPKP) adalah suatu sistem (struktur, proses dan nilai-nilai profesional), yang memfasilitasi perawat profesional, mengatur pemberian asuhan keperawatan, termasuk lingkungan tempat asuhan tersebut diberikan.

Tujuan : mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap perawat dengan metode Model praktik keperawatan profesional di ruang rawat inap Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta.

Metode : Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dengan menggunakan total sampling. Populasi pada penelitian ini perawat yang bekerja di ruang rawat inap medical bedah Rumah Sakit Panti Rapih sampel penelitian ini berjumlah 66 perawat.

Hasil : diketahui bahwa pelaksanaan MPKP sebanyak 25,76 % ( 17 responden ) dengan kategori baik  dan 74,24% ( 49 responden) dengan kategori kurang, sedangkan hasil tingkat pengetahuan perawat tentang MPKP sebanyak 18,18 % (12 responden) dengan kategori baik, 77,27 %(51 responden)  dengan kategori sedang dan 4,55% (3 responden) dengan kategori kurang. Sedangkan hasil yang didapatkan dari sikap perawat sebanyak 63,64% (42 responden) kategori baik, 34,85 % (23 perawat) kategori sedang dan 1,52 % (1 perawat) kategori kurang. Hasil analisis bivariat terdapat hubungan antara pengetahuan perawat dengan pelaksanaan model praktik keperawatan profesional p value = 0,000 (p < 0,005), dan terdapat hubungan sikap perawat dengan pelaksanaan model praktik keperawatan profesional didapatkan hasil p value = 0,000 (p< 0,005).

Simpulan :  terdapat hubungan antara pengetahuan perawat dengan pelaksanaan Model praktik keperawatan profesional ( p value 0,000) dan terdapat hubungan antara sikap perawat dengan pelaksanaan Model praktik keperawatan profesional  (p value 0,000) di ruang rawat inap Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta. Saran meningkatkan pengetahuan dalam pelaksanaan MPKP agar lebih baik lagi, salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan dengan banyak belajar, mengikuti pelatihan dan sosialisasi terkait dengan MPKP, sehingga menumbuhkan rasa tanggungjawab dalam pelaksanaan MPKP.

 

Published
2022-03-18

Most read articles by the same author(s)