Hubungan Antara Pengetahuan Dengan Sikap Perawat Terhadap ROM Pada Pasien Strok Non Hemoragik di Salah Satu Rumah Sakit Swasta di Yogyakarta

  • Sesilia Novia STIKes Panti Rapih Yogyakarta
  • Eva Marti STIKes Panti Rapih Yogyakarta
  • Emmelia Ratnawati
Keywords: Stroke Non Hemoragik, Pengetahuan

Abstract

ABSTRAK

Latar belakang: ROM merupakan salah satu bentuk intervensi fundamental perawat yang bertujuan untuk mencegah terjadinya cacat permanen pada pasien stroke non hemoragik, sehingga perawat harus mempunyai pengetahuan yang baik supaya mempunyai sikap yang baik dalam memberikan ROM pada pasien stroke non hemoragik.

Tujuan: Tujuan dari penelitian adalah mengetahui hubungan antara pengetahuan dengan sikap perawat terhadap ROM pada pasien stroke non hemoragik di Rumah Sakit Santa Elisabeth.

Metode: Desain penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah studi analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian yaitu 30 perawat yang bekerja di Ruang Rawat Inap Santa Elisabeth. Teknik sampel yang digunakan adalah total sampling dan accidental sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu kuesioner yang terdiri dari pengetahuan dan sikap dengan menggunakan google form.

Hasil: Hasil penelitian didapatkan sebagian kecil (6,7%) memiliki pengetahuan yang baik tentang ROM, hampir setengahnya (30,0%) memiliki pengetahuan yang cukup tentang ROM dan sebagian besar (63,3%) memiliki pengetahuan yang kurang tentang ROM pada pasien stroke non hemoragik. Sebagian besar (63,3%) sikap perawat positif terhadap ROM dan hampir setengahnya (30,0%) sikap perawat cukup positif terhadap ROM pasien stroke non hemoragik.

Simpulan: Hasil uji spearman menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan sikap perawat terhadap ROM pada pasien stroke non hemoragik dengan p-value 0,773 (<0,05). Perawat diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang ROM pada pasien stroke non hemoragik dengan mengikuti aktif pelatihan ROM.

 

Kata kunci: Pengetahuan, Sikap, ROM, Stroke Non Hemoragik

Published
2023-03-09

Most read articles by the same author(s)