Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Pengetahuan Perawat Tentang Triase Emergency Severity Index Di IGD Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta

  • Antonius Suryanta Nugraha STIKes Panti Rapih
  • Eva Marti STIKes Panti Rapih Yogyakarta
  • Chatarina Setya Widyastuti STIKes Panti Rapih Yogyakarta

Abstract

Abstrack

Latar Belakang: Triase adalah  proses khusus memilah pasien berdasarkan beratnya cedera atau penyakit untuk menentukan jenis penanganan atau intervensi kegawatdaruratan. Pengetahuan menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam ketepatan pelaksanaan triase, karena perawat harus mampu memprioritaskan perawatan pasien atas dasar pengambilan keputusan klinis perawat dalam penilaian awal, dan perawat harus mampu  memprioritaskan perawatan pasien atas dasar pengambilan keputusan yang tepat.

Tujuan: penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui faktor –faktor yang berhubungan dengan pengetahuan perawat tentang triase metode emergency severity index (ESI) di IGD Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta.

Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh perawat yang mempunyai kewenangan klinis melakukan triase di IGD Rumah Sakit Panti Rapih. Sampel yang digunakan 31 responden dengan tehnik total sampling. Instrument penelitian yang digunakan yaitu kuesioner.

Hasil: Dari hasil analisis univariat diketahui bahwa  tingkat pengetahuan perawat tentang triase metode ESI di IGD Rumah Sakit Panti Rapih sebagian besar pengetahuan responden terkait triase metode ESI adalah cukup sejumlah 15 orang (48.4%). Dari analisis bivariate diketahui bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara faktor umur (p value 0,983),  lama bekerja (p value 0,370), pelatihan triase  (p value 0,461). dengan tingkat pengetahuan perawat tentang triase metode Emergency Severity Index.

Simpulan:  tidak ada hubungan antara factor usia, lama bekerja, dan pelatihan triase dengan tingkat pengetahuan perawat  tentang   triase metode ESI. Saran dapat melakukan penyegaran kembali tentang teori triase ESI pada saat acara  staff meeting IGD atau saat jam pergantian jaga malam ke jaga pagi sebagai bentuk evaluasi pemahaman perawat tentang triase ESI

Kata kunci : triase, ESI, tingkat pengetahuan

Published
2023-10-09

Most read articles by the same author(s)