Hubungan Tingkat Pengetahuan Tenaga Kesehatan Dengan Pelaksanaan Inisiasi Menyusui Dini di Rumah Sakit Swasta Yogyakarta

  • Beta Gemeliana Noviandari STIKes Panti Rapih Yogyakarta
  • Agnes Mahayanti STIKes Panti Rapih Yogyakarta
  • Sr. Therese Maura Hardjanti, CB STIKes Panti Rapih Yogyakarta
Keywords: Inisiasi Menyusu Dini, Tenaga Kesehatan, Pengetahuan, Pelaksanaan IMD

Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang : WHO menyatakan bahwa tindakan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) merupakan tindakan ‘penyelamatan kehidupan’, karena Inisiasi Menyusu Dini dapat menyelamatkan 22 %  bayi yang meninggal sebelum usia satu bulan dan Ibu yang memberikan ASI eksklusif dapat menyelamatkan 87 % nyawa bayi dibawah 6 bulan. Inisiasi menyusu dini berpengaruh kuat terhadap kesuksesan pelaksanaan ASI Eksklusif.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan tenaga kesehatan dengan pelaksanaan IMD di Rumah Sakit Swasta Yogyakarta.

Metode: Metode pada penelitian menggunakan desain penelitian deskriptif analitik, dengan   menggunakan pendekatan Cross sectional. Populasi adalah seluruh tenaga kesehatan di ruang operasi yang menangani Sectio Caesaria dan seluruh tenaga kesehatan di ruang bersalin. Sampel diperoleh dengan teknik total sampling sejumlah 34 responden. Pengambilan data dengan menggunakan instrument kuesioner. Analisis data yang digunakan dengan Chi square.

Hasil : Hasil penelitian tingkat pengetahuan tenaga kesehatan 18 (53%) tinggi, 9 (26%) sedang, dan 7 (21%) rendah, berdasarkan pelaksanaan IMD 9(26%) baik, 7(21%) cukup, dan 18(53%) kurang. Terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dengan pelaksanaan inisiasi menyusui dini (IMD) diketahui hasil penelitian menunjukkan bahwa p-value 0,034 lebih kecil dari 0,05 (0,034 < 0,05)

Simpulan: Terdapat  hubungan antara tingkat pengetahuan tenaga kesehatan dengan pelaksanaan Inisiasi Menyusu Dini di Rumah Sakit Swasta Yogyakarta, dengan  p-value 0,034 lebih kecil dari 0,05 (0,034 < 0,05)

 Adapun saran bagi semua tenaga kesehatan yang terlibat pelaksanaan IMD lebih aktif lagi menjalankan proses IMD sesuai SOP atau aturan yang ada.

Kata kunci: Inisiasi Menyusu Dini, Tenaga Kesehatan, Pengetahuan, Pelaksanaan IMD

Published
2023-12-10