Hubungan Respon Time Dengan Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien Emergency Severity Index Level 1 dan 2 di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta

  • Clara Kurnia Destiningrum STIKes Panti Rapih Yogyakarta
  • Eva Marti STIKes Panti Rapih Yogyakarta
  • Dwi Antara Nugraha STIKes Panti Rapih Yogyakarta
Keywords: IGD, respon time, kepuasan, triase ESI

Abstract

Latar belakang : Kepuasan pasien merupakan salah satu faktor yang digunakan untuk mengevaluasi mutu pelayanan di rumah sakit. IGD merupakan salah satu unit yang mendukung kepuasan pasien pertama kali. Pelayanan yang cepat dan tepat dilaksanakan sesuai prioritas berdasarkan kondisi kegawatan pasien. Rumah sakit Panti Rapih mengadopsi sistem triase Emergency Severity Index (ESI) sebagai sistem dalam memilah atau mengkategorikan pasien berdasarkan tingkat kegawatannya. Respon time yang dibutuhkan untuk penanganan ESI level 1 dan 2 adalah kurang dari 5 menit. Hasil studi pendahuluan dengan metode obeservasi didapatkan data masih terdapat pasien yang menunggu diperiksa lebih dari 5 – 10 menit sehingga menimbulkan ketidakpuasan pasien dan keluarga dan sebanyak 45 pasien batal periksa pada periode 1 bulan

Tujuan: Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui hubungan respon time dengan tingkat kepuasan keluarga pasien ESI level 1 dan 2 di IGD Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif observational analitic dengan desain cross sectional. Sampel yang digunakan sejumlah 67 responden yang diambil dengan accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner angaka kepuasan yang diberikan secara langsung pada responden dan lembar obersvasi untuk mengukur respon time.

Hasil : Hasil penelitian didapatkan sebagian besar respone time tepat sebanyak 61 responden (91%), sedangkan untuk kepuasan keluarga mengatakan sangat puas sebanyak 60 responden (89,6%). Uji Kolmogorov-Smirnov bivariat antara kepuasan dan respon time menunjukkan kemaknaan secara statistik diperoleh data p value 0,011 < 0,05.

Simpulan: Terdapat hubungan yang cukup signifikan antara respon time dengan tingkat kepuasan keluarga pasien ESI level 1 dan 2 di IGD Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta.

Saran: Penelitian lebih lanjut mengenai faktor faktor yang berhubungan dengan tingkat kepuasan dan respon time.

Published
2024-03-27

Most read articles by the same author(s)