The Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta

  • Emiliana Hesti Purwantiningsih STIKes Panti Rapih Yogyakarta
  • Oktri STIKes Panti Rapih Yogyakarta
  • Agnes STIKes Panti Rapih Yogyakarta
Kata Kunci: Fasilitas, pelayanan, kinerja, komunikasi, suasana, kepuasan pasien

Abstrak

Latar Belakang : Kepuasan pasien adalah perasaan yang rasakan dan di ungkapkan oleh pasien setelah membandingkan antara harapan dengan  kenyataan  setelah mendapatkan pelayanan. Pelayanan yang berkualitas memberikan dorongan kepada pasien untuk menjalin hubungan kuat dengan rumah sakit. Kepuasan pasien pada akhirnya berpengaruh terhadap kesetiaan pasien pada rumah sakit yang memberikan kualitas yang memuaskan

Tujuan : Mengetahui faktor – faktor yang berhubungan dengan kepuasan terhadap pelayanan keperawatan di ruang rawat inap rumah sakit panti rapih yogyakarta.

Metode : Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampling dengan menggunakan purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah pasien yang dirawat di Rumah Sakit Panti Rapih di ruang Carolus 5, Elisabet 1 dan Elisabet 4, sampel berjumlah 188 responden Pengumpulan data menggunakan alat ukur kuisioner, kemudian data dianalisa dengan menggunkan uji statistic Spearman’rho

Hasil : Terdapat hubungan yang signifikan antara faktor fasilitas, kinerja, pelayanan, suasana dan komunikasi dengan kepuassan pasien dengan nilai p value = 0,000

Simpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara faktor fasilitas, kinerja, pelayanan, suasana dan komunikasi dengan kepuassan pasien dengan nilai p value = 0,000

Saran : Bagi Kepala Bidang Rumah Sakit: membuat perencanaan  untuk pengawasan terhadap pelaksanaan SOP secara berkala, kepada karyawan tentang tindakan keperawatan, agar pasien merasakan kinerja perawat yang professional, untuk perawat pelaksana: Perawat pelaksanan menerapkan SOP (standar operasional prosedur) setiap tindakan keperawatan  secara benar, pada saat pre interaktif khusus dalam komunikasi perkenalan bahwa penting perawat memperkenalkan diri, diberikan pembekalan service excelent kepada karyawan yang baru.Bagi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panti Rapih Faktor – faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien  belum semua di teliti, hasil penelitian ini  bisa digunakan sebagai data awal untuk melakukan penelitian lebih lanjut, dengan metode yang lain dan responden yang lebih banyak.

Kata kunci :  Fasilitas, pelayanan, kinerja, komunikasi, suasana, kepuasan pasien

Diterbitkan
2022-10-28

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##